Penelitian Dosen Pemula

JudulAnalisis ketrampilan mendengar Bahasa Arab mahasiswi kelas materikulasi Universitas Darussalam Gontor tahun akademik 2020-2021
Nama HibahHibah Internal Penelitian
Nama ProgramPenelitian Kompetitif
Nama SkemaPenelitian Dosen Pemula
AbstrakDengan perjalanan yang panjang Pondok Modern Darussalam Gontor telah mencapai formula yang paling efektif untuk mencapai tujuan pembelajarannya yakni system Kuliyyatul Mualimat al-Islamiyah, baik dalam pembentukan karakter atau pengajaran Bahasa Arab dan materi-materi lainnya, sehingga Podok Modern Darussalam Gontor dapat menghasilkan guru-guru muslim yang cakap, berpengetahuan luas, dan ikhlas beramal. Sebagai tingkat lanjutan dari system KMI, sesuai dengan cita-cita trimurti pendiri Pondok Modern Darussalam Gontor maka didirikanlah Institut Pendidikan Darussalam (IPD) yang terus berproses seiring berjalannya waktu sehingga secara resmi menjadi Universitas Darussalam Gontor pada tahun 2014. Universitas Darussalam Gontor adalah instansi perguruan tinggi dengan system pesantren. Tujuan pendidikan dan pengajarannya adalah membentuk sarjana muslim yang dapat menjawab tantangan zamam. Maka, nilai dan system pendidikan Pondok Modern dari segi pendidikan karakter dan metode pengajaran diterapkan dengan beberapa penyesuaian salah satunya dikarenakan perbedaan karakteristik anak didik di KMI yang terhitung masih remaja dan pelajar di Universitas yang telah beranjak dewasa. Salah satu fenomena yang dapat ditemui di setelah peresmian Universitas Darussalam Gontor adalah adanya mahasiswa/I yang bukan merupakan lulusan KMI Pondok Modern Darussalam Gontor. Sehingga sebagian dari mereka belum memiliki kemampuan bebahasa seperti anak-anak lulusan KMI Pondok Modern Darussalam Gontor. Maka, universitas memfasilitasi mereka dengan kelas pembelajaran Bahasa yang disebut dengan kelas materikulasi. Kelas materikulasi diadakan selama 2 semester untuk memperdalam kemampuan berahasa yang meliputi kemampuan mendengar, berbicara, membaca, dan menulis, diharapkan dalam kurun waktu yang telah ditentukan tersebut peserta didik dapat mengkuti kegiatan belajar mengajar didalam kelas yang menggunakan Bahasa Arab sebagai bahasa pengantarnya. Kemampuan mendengar diibaratkan sebagai kemampuan awal yang harus dimiliki seorang pembelajar Bahasa asing sebelum mempelajari kemampuan berbahasa yang lain. Maka menjadi penting bagi guru pengajar untuk mengetahui kemampuan mendengar peserta didik sebagai dasar untuk menyusun materi ajar dan metode selanjutnnya. Oleh sebab itu peneliti merasa perlu adanya analisis terhadap kemampuan mendengar peserta didik dikelas materikulasi setelah melalui semester pertama pembelajaran Bahasa Arab, agar pengajar dapat mengevaluasi kegiatan pembelajaran yang telah lalu dan menjadi dasar untuk menyusun program pembelajaran dimasa yang akan datang
Pengusul Siti Nikmatul Rochma, S.Pd., M.Pd.
Anggota 1 Astuti Sifa'urrohmah, M.Pd.
Anggota 2 Gautama Veri Vetiana, S.Pd., M.Pd.
Tahun Penelitian2020
Sumber DanaUNIDA GONTOR
Dana Non DiktiIDR 0,00