Pendanaan Buku 100 Tahun Gontor

JudulFilosofi Disiplin Gontor
Nama HibahHibah Internal Penelitian
Nama ProgramProgram 100 Tahun Gontor
Nama SkemaPendanaan Buku 100 Tahun Gontor
AbstrakPenelitian Filosofi Disiplin di Pondok Modern Darussalam Gontor ini mengkaji secara mendalam konsep, sistem, dan praktik disiplin sebagai fondasi utama pembentukan karakter di Pondok Modern Darussalam Gontor. Fokus penelitian ini menggali filsafat yang melandasi disiplin, mekanisme implementasinya, serta dampak pedagogisnya terhadap perkembangan santri. Disiplin di Gontor tidak dipahami sebagai aturan mekanis, tetapi sebagai filsafat pendidikan yang berpijak pada konsep ta’dib sebagaimana dikemukakan Syed Muhammad Naquib al-Attas: proses menempatkan segala sesuatu pada tempat yang benar. Nilai dasar pesantren: keikhlasan, kesederhanaan, berdikari, ukhuwah, dan kebebasan, menjadi kerangka moral bagi pembentukan disiplin. Pendekatan ini selaras dengan teori pendidikan karakter modern yang menekankan habituasi, keteladanan, dan lingkungan belajar yang terstruktur. Penelitian ini menemukan bahwa Gontor menerapkan disiplin secara holistik dan total melalui sistem living curriculum, di mana seluruh aspek kehidupan; bahasa, waktu, ibadah, kebersihan, kegiatan, hingga relasi sosial, berfungsi sebagai ruang pendidikan yang membentuk self-discipline. Hasil kajian menunjukkan bahwa model disiplin Gontor merupakan integrasi harmonis antara nilai Islam, teori pendidikan modern, dan tradisi pesantren; sebuah model yang relevan sebagai rujukan bagi lembaga pendidikan Islam yang ingin membangun karakter melalui disiplin yang bernilai, humanis, dan berkelanjutan.
Pengusul Ahmad Saifulloh, S.Pd.I., M.Pd.I., Ph.D.
Anggota 1 Ahmad Saifulloh, S.Pd.I., M.Pd.I., Ph.D.
Anggota 2
Tahun Penelitian2025
Sumber DanaUNIDA GONTOR
Dana Non DiktiIDR 6.000.000.00