Pendanaan Buku 100 Tahun Gontor

JudulWorldview Islam, dari Teori ke Praktek: Melacak Basis Paradigma Islamisasi Ilmu di UNIDA GONTOR sebagai Universitas Pesantren
Nama HibahHibah Internal Penelitian
Nama ProgramProgram 100 Tahun Gontor
Nama SkemaPendanaan Buku 100 Tahun Gontor
AbstrakMenjawab tantangan Epistemologi Barat, UNIDA Gontor sebagai Universitas bersistem Pesantren menjadi jawaban yang tepat. Penekanan pada visi Universitas yang berbunyi, “Menjadi Universitas bersistem pesantren yang bermutu dan berarti, sebagai pusat pengembangan Ilmu Pengetahuan yang berorientasi pada Islamisasi ilmu pengetahuan kontemporer dan sebagai pusat kajian bahasa al-Qur’an untuk kesejahteraan umat manusia,” memberi gambaran arkitektonik bahwa UNIDA Gontor mengupayakan proses penyemaian worldview Islam secara kaffah. Ini berarti UNIDA Gontor bukan hanya menyediakan wadah bagi tafaqquh liddin, namun juga jembatan bagi terciptanya mentalitas ilmiah (scientific mentality). Memandang kelebihan tersebut, penelitian ini berupaya menjabarkan kerangka worldview Islam secara teoritis, serta transformasinya di UNIDA Gontor. Hal ini penting, ditengah gempuran sekularisasi dan globalisasi modernisme, transformasi worldview Islam di UNIDA Gontor bukan hanya menjadi strategi dan cara terbaik untuk mengartikulasikan Islamisasi Ilmu, melainkan juga untuk merefleksikan visi keNabian, yaitu menciptakan manusia yang sempurna (universal man) sebagai tujuan Universitas Islam yang sebenarnya. Singkatnya, seperti yang akan dibuktikan nanti, worldview Islam di UNIDA Gontor bukan hanya diajarkan secara teoritis, namun juga ditransformasikan secara praktis melalui proses pendidikan integral yang memadukan aspek akademik dan non-akademik melalui sistem Univerrsitas dan Pesantren secara terpadu. Sebagai evaluasi pembelajaran terkait kedua kurikulum tersebut UNIDA Gontor bukan hanya menerapkan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), melainkan juga mengintegrasikannya dengan Indeks Prestasi Kumulatif Kesantrian (IPKs). Melalui keunikan sistem ini, UNIDA Gontor sebagai Universitas bersitem Pesantren bukan hanya menawarkan sistem pendidikan yang holistik, namun juga generalis bagi terlahirnya para Ilmuwan yang Ulama. Sehingga dari berbagai persoalan dan kelebihan yang ada menjadikan kajian ini tidak bias dilewatkan begitu saja, terlebih hal ini merupakan upaya dalam pengembangan Islamisasi Ilmu Pengetahuan Kontemporer sebagai jawaban atas tantangan keilmuan yang datangnya dari Barat.
PengusulDr. Firda Inayah, S.Fil.I., M.Ag.
Anggota 1Dr. Asep Awaludin, S.H.I., M.Ag.
Anggota 2Dr. Asep Awaludin, S.H.I., M.Ag.
Tahun Penelitian2025
Sumber DanaUNIDA GONTOR
Dana Non DiktiIDR 0,00