Pendanaan Buku 100 Tahun Gontor

JudulPOTRET PENDIDIKAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA UNIDA GONTOR
Nama HibahHibah Internal Penelitian
Nama ProgramProgram 100 Tahun Gontor
Nama SkemaPendanaan Buku 100 Tahun Gontor
AbstrakLatar belakang penelitian ini didasari oleh pentingnya pendidikan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dalam menyiapkan tenaga kerja yang kompeten untuk menghadapi risiko di tempat kerja . Seiring dengan meningkatnya tuntutan dunia industri terhadap tenaga profesional yang memiliki keahlian K3, institusi pendidikan tinggi dituntut untuk menyelenggarakan pendidikan K3 yang tidak hanya unggul secara akademik dan teknis, tetapi juga berbasis nilai dan etika . Universitas Darussalam Gontor (UNIDA Gontor) sebagai perguruan tinggi berbasis pesantren , memiliki pendekatan unik dalam penyelenggaraan pendidikan K3 karena mengintegrasikan nilai-nilai Islam dan akhlak ke dalam kurikulumnya. Namun, hingga saat ini belum banyak kajian yang secara khusus memotret kondisi aktual pendidikan K3 di UNIDA Gontor secara komprehensif, baik dari segi kurikulum, fasilitas, persepsi mahasiswa dan alumni, hingga tantangan operasional. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian untuk menggambarkan secara deskriptif bagaimana pendidikan K3 dijalankan, serta potensi pengembangannya di masa depan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan kondisi aktual pendidikan K3 di Program Studi D4 K3 UNIDA Gontor; menganalisis persepsi mahasiswa dan alumni terhadap proses pendidikan dan kesiapan kerja; mengidentifikasi tantangan dan peluang pengembangan pendidikan K3; dan menggali integrasi nilai-nilai Islam dalam pembelajaran dan budaya akademik K3. Manfaat penelitian ini terbagi menjadi manfaat akademik (memberikan kontribusi terhadap pengembangan kurikulum dan sistem pembelajaran K3 berbasis nilai Islam); manfaat praktis (menjadi bahan evaluasi dan perencanaan strategis bagi pengelola program studi K3 di UNIDA Gontor); dan manfaat sosial (mendukung lahirnya tenaga profesional K3 yang beretika dan berintegritas). Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dengan dosen, mahasiswa, alumni, dan pengelola prodi. Selanjutnya dilakukan studi dokumentasi terhadap kurikulum, silabus, laporan kegiatan, dan data akademik. Observasi partisipatif terhadap kegiatan akademik dan non-akademik di lingkungan kampus. Kuesioner sederhana untuk menjaring data persepsi mahasiswa secara kuantitatif. Analisis data dilakukan dengan pendekatan tematik untuk data kualitatif dan statistik deskriptif sederhana untuk mendukung interpretasi data. Seluruh tahapan penelitian dilakukan mulai Agustus sampai Desember 2025. Luaran penelitian yang diharapkan adalah laporan hasil penelitian, artikel ilmiah yang dapat diajukan ke jurnal bidang pendidikan atau keselamatan kerja, dan buku referensi (wajib).
Pengusul Aisy Rahmania, M.KKK.
Anggota 1 Siti Ma'rifah, S.ST., M.K.M.
Anggota 2 Ratih Andhika Akbar Rahma, S.ST., M.Si.
Tahun Penelitian2025
Sumber DanaUNIDA GONTOR
Dana Non DiktiIDR 0,00