Pendanaan Buku 100 Tahun Gontor

JudulFrom Living Being to Living Systems (Analisis Filosofis-Pedagogis Makna dan Pengalaman 100 Tahun Gontor
Nama HibahHibah Internal Penelitian
Nama ProgramProgram 100 Tahun Gontor
Nama SkemaPendanaan Buku 100 Tahun Gontor
AbstrakPondok Modern Darussalam Gontor merupakan model pendidikan Islam yang unik dan berbeda dari lembaga pendidikan arus utama. Berdiri di atas fondasi keikhlasan para pendiri, pemikiran kritis, dan evaluasi berkelanjutan, Gontor membangun sistem pendidikan yang terstruktur, responsif, dan hidup. KH. Abdullah Syukri menyebutnya sebagai bentuk modernisasi pendidikan Islam— sebuah prasyarat kebangkitan Islam di tengah arus modernitas sekuler. Gontor berhasil mengintegrasikan pendidikan karakter dengan sistem pengajaran keilmuan, membentuk peserta didik secara utuh. Selama lebih dari satu abad, Gontor berkembang menjadi living system, sebagaimana konsep yang dikemukakan James Grier Miller—yakni sistem yang hidup, adaptif, dan saling terhubung. Lulusannya menjadi buah dari pohon pendidikan Gontor, tersebar di seluruh Indonesia bahkan hingga mancanegara. Nilai utama yang menopang sistem ini adalah Panca Jiwa: keikhlasan, kesederhanaan, kemandirian, ukhuwah Islamiyah, dan kebebasan. Nilai-nilai ini menjadi fondasi filosofis dan pedagogis yang menjadikan sistem pendidikan Gontor tidak hanya hidup, tetapi juga menghidupi. Pada jenjang KMI maupun UNIDA, Gontor terus menawarkan sistem pendidikan yang anti-mainstream, namun kontekstual dan bernilai tinggi. Di usia 100 tahun ini, Gontor telah menorehkan jejak penting sebagai model pendidikan Islam yang layak dikaji, diwariskan, dan diteladani dalam membangun peradaban.
PengusulDr. Muhammad Taqiyuddin, S.H.I., M.Ag.
Anggota 1 Mohammad Djaya Aji Bima Sakti, M.Ag.
Anggota 2
Tahun Penelitian2025
Sumber DanaUNIDA GONTOR
Dana Non DiktiIDR 0,00