Pendanaan Buku 100 Tahun Gontor

JudulKurikulum Holistik Perguruan Tinggi Pesantren: Mewujudkan Lulusan Berdaya Saing Global
Nama HibahHibah Internal Penelitian
Nama ProgramProgram 100 Tahun Gontor
Nama SkemaPendanaan Buku 100 Tahun Gontor
AbstrakPada era global yang semakin kompleks, lulusan perguruan tinggi dituntut memiliki pemahaman mendalam terhadap berbagai persoalan serta mampu berperan aktif sebagai agen perubahan. Lembaga pendidikan tinggi memiliki tanggung jawab untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan yang komprehensif, landasan etika yang kuat, dan keterampilan abad ke-21 melalui pendekatan pembelajaran yang beragam dan inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji konsep dan implementasi kurikulum holistik di Universitas Darussalam Gontor (UNIDA Gontor) sebagai model alternatif pendidikan tinggi berbasis pesantren dalam membentuk lulusan yang berdaya saing global. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode fenomenografi, penelitian ini menelusuri persepsi para informan mengenai konsep dan implementasi kurikulum holistik dalam mendukung pencapaian 15 kompetensi lulusan yaitu Critical Thinking, Analytical Thinking, Problem Solving, Creativity, Cognitive Flexibility, Discipline & Moral Consciousness, Islamic Brotherhood, Sincerity & Service Orientation, Social Commitment, Emotional Intelligence, Coordinating with Others, Negotiation, Judgment & Decision Making, Leadership & Social Influence, dan Self-Reliance. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 15 kompetensi tersebut diwujudkan melalui integrasi tiga komponen utama kurikulum, yaitu: (1) Kurikulum formal, yang meliputi pembelajaran di ruang kelas dan laboratorium; (2) Kurikulum informal, yang diperoleh melalui aktivitas asrama, program ekstrakurikuler, serta keterlibatan sosial dan organisasi kemahasiswaan; dan (3) Kurikulum tersembunyi (hidden curriculum), yang terbentuk dari dinamika kehidupan kampus pesantren yang sarat dengan nilai-nilai Islam dan kepesantrenan. Kurikulum holistik ini memungkinkan pembentukan lulusan sebagai insan kamil (individu yang unggul) secara intelektual, memiliki akhlak mulia, dan siap berkontribusi bagi kemaslahatan umat di tingkat global. Kata Kunci: Kurikulum holistik, pendidikan tinggi pesantren, lulusan berdaya saing global
Pengusul Nurul Azizah, S.Pd.I., M.Pd.
Anggota 1 Mandrasi Amira Sa'idah, M.Pd.
Anggota 2 Fitra Awalia Rahmawati, M.PD.
Tahun Penelitian2025
Sumber DanaUNIDA GONTOR
Dana Non DiktiIDR 10.000.000,00