Penelitian Stimulus Dosen

JudulSikap, Persepsi, dan Hambatan Pembelajaran Terma Bahasa Arab Bidang Farmasi pada Mahasiswi Prodi Farmasi Universitas Darussalam Gontor
Nama HibahHibah Internal Penelitian
Nama ProgramPenelitian Kompetitif
Nama SkemaPenelitian Stimulus Dosen
AbstrakMengacu pada visi universitas untuk pengembangan Islamisasi ilmu pengetahuan kontemporer, maka pembelajaran bahasa Arab pada prodi Farmasi UNIDA Gontor memiliki peran yang penting. Bahasa arab diyakini sebagai alat utama untuk menelusuri sumber keilmuan Farmasi dari ulama muslim, juga sangat diperlukan untuk mengkaji hukum-hukum perobatan dari perspektif ilmu fiqh dan syari’at yang bersumber dari Al-Qur’an, Hadist, dan karya para ulama. Maka dalam rangka memaksimalkan hasil pembelajaran mahasiswi prodi farmasi, diperlukan adanya pengukuran sikap, perspektif dan hambatan dalam pemerolehan terma bahasa arab bidang farmasi untuk mengembangkan proses pembelajaran, baik pengembangan strategi ataupun media pembelajaran bahasa arab khusus bidang farmasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur sikap dan persepsi mahasiswi Farmasi terhadap pelajaran bahasa Arab di prodi Farmasi UNIDA Gontor yang difokuskan pada kosa-kata atau terma-terma kefarmasian dalam pelajaran bahasa Arab. Juga untuk mengukur hambatan-hambatan yang didapati oleh mahasiswi, baik berupa hambatan linguistik, kognitif, psikologis, ataupun budaya. Sehingga hasil ukur hambatan yang menghalangi pemerolehan, pemahaman dan penggunaan bahasa arab bidang kefarmasian bisa dijadikan acuan untuk mengembangkan strategi dan media pembelajaran guna meningkatkan kompetensi berbahasa arab baik kompetensi reseptif maupun produktif. Adapun luaran wajib dalam penelitian ini adalah jurnal Lisanudhad: Jurnal Bahasa, Pembelajaran dan Sastra Arab terindex Sinta 3.
Pengusul Muthmainnah Choliq, S.Ag., M.Pd.
Anggota 1 Siti Nikmatul Rochma, S.Pd., M.Pd.
Anggota 2 Halimah As Sa'diah, M.Pd.I.
Tahun Penelitian2024
Sumber DanaUNIDA GONTOR
Dana Non DiktiIDR 0,00