Penelitian Dosen Pemula

JudulPengembangan video Animasi 2 dimensi Berbasis MDLC dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Bahasa Arab Mahasiswa Santri di Universitas Darussalam Gontor, Ponorogo, Jawa Timur
Nama HibahHibah Internal Penelitian
Nama ProgramPenelitian Kompetitif
Nama SkemaPenelitian Dosen Pemula
Abstrak[Universitas Darussalam Gontor adalah Universitas berbasis pesantren dimana mahasiswanya tinggal dua puluh empat jam di kampus dan memiliki kemampuan bahasa Arab untuk kegiatan sehari-hari dan akademik dalam kelas. Akan tetapi, proses pembelajaran bahasa Arab yang berbasis direct method mendatangkan kesulitan seperti minimnya media pembelajaran sebagai alat pembantu, sehingga tidak jarang menimbulkan kesulitan bagi guru dalam memvisualkan materi tersebut kepada para mahasiswa. Oleh karena itu metode pengajaran langsung dinilai belum cukup inovatif dalam menghadapi generasi mahasiswa di era digital ini, sehingga perlu strategi pembelajaran yang tepat, khususnya media ajar berbasis teknologi yang mampu membantu mempermudah guru serta menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif dengan mahasiswa. Tujuan penelitian ini berfokus kepada pengembangan desain media ajar Bahasa Arab materi maharatul qira’ah berbasis video animasi 2 dimensi yang interaktif dan menarik. Media ini dinilai memiliki kelebihan audio visual yang lengkap baik dari segi tampilan gambar, warna maupun suara. sehingga dapat membantu meningkatkan maharoh qira’ah (keterampilan membaca) Mahasiswa Matrikulasi Unida Gontor Kampus Putri Mantingan Jawa Timur secara intensif. dan diharapkan mampu menjadi sebuah rangsangan bagi para mahasiswi matrikulasi untuk lebih tertarik dan semangat dalam belajar. Jenis penelitian adalah research and development, dimana perancangan media dibuat berdasarkan metode multimedia development life cycle dengan tahapan (1) Inisialisasi, (2) Desain Blueprint, (3) Persiapan Aset, (4) Pengembangan Produk, dan (5) Pengujian & Validasi. Luaran wajib yang diusulkan dari penelitian ini diharapkan minimal dapat dipublikasikan pada jurnal Nasional terakreditasi (submitted/accepted), , dan terdaftar dalam hak kekayaan intelektual (HKI) karya video animasi. Adapun TKT yang diusulkan adalah TKT tingkat 3, yaitu terwujudnya Media ajar Bahasa Arab maharatul qira’ah berbasis video animasi 2 dimensi yang interaktif dan dapat dipakai di Universitas Darussalam Gontor sehingga memberikan kemudahan dalam meningkatkan kemampuan membaca bahasa Arab mahsiswa Unida Gontor]
Pengusul Fitri Setyo Rini, M.Pd.I.
Anggota 1 Ifa Rodifah Nur, S.Pd.I., M.Pd.
Anggota 2
Tahun Penelitian2024
Sumber DanaUNIDA GONTOR
Dana Non DiktiIDR 5.000.000,00