Penelitian Stimulus Dosen

JudulGame-Based Learning : Efektivitas Kahoot! dalam Pembelajaran Bahasa Arab
Nama HibahHibah Internal Penelitian
Nama ProgramPenelitian Kompetitif
Nama SkemaPenelitian Stimulus Dosen
AbstrakGame-Based Learning (GBL) atau pembelajaran berbasis permainan adalah metode pendidikan yang memanfaatkan elemen-elemen permainan untuk meningkatkan keterlibatan, motivasi, dan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Dalam GBL, permainan digunakan sebagai alat untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Contoh dari Game-Based Learning termasuk permainan edukasi yang dirancang khusus untuk mengajarkan mata pelajaran tertentu, serta penggunaan elemen permainan dalam kegiatan belajar, seperti pemberian poin, level, dan lencana untuk mencapai tujuan pembelajaran. GBL dapat diterapkan dalam berbagai tingkat pendidikan, dari pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi, dan dalam berbagai disiplin ilmu. Pembelajaran bahasa Arab sering kali menghadapi tantangan terkait motivasi dan keterlibatan siswa. Penggunaan teknologi dalam pendidikan telah menunjukkan potensi besar dalam meningkatkan partisipasi siswa. Kahoot, sebuah platform pembelajaran berbasis permainan, menawarkan cara interaktif dan menyenangkan untuk mempelajari bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Kahoot! dalam pembelajaran Bahasa Arab kelas Bahasa Universitas Darussalam Gontor. Metode yang digunakan adalah Metode Kuatitatif yang memungkinkan pengumpulan dan analisis data numerik untuk menguji hipotesis yang telah dirumuskan sebelumnya. Data akan dikumpulkan melalui beberapa instrumen yang berbeda untuk mengukur variabel yang diteliti dengan menggunakan angket dan tes soal. Kuesioner menggunakan skala Likert 5 poin untuk mengukur tingkat motivasi dan keterlibatan siswa pre-test dan post-test. Luaran penelitian ini berupa publikasi jurnal yang bereputasi SINTA 5.
Pengusul Alde Mulia Putra, M.Pd.
Anggota 1 Hesti Rokhaniyah, S.Pd., M.Pd.
Anggota 2
Tahun Penelitian2024
Sumber DanaUNIDA GONTOR
Dana Non DiktiIDR 3.000.000,00