Penelitian Dosen Pemula

JudulAnalisis Kebutuhan Pengembanga Buku Ajar 'English for Occupational Health and Safety' dalam Meningkatkan Kompetensi Bahasa Inggris Mahasiswa KKK
Nama HibahHibah Internal Penelitian
Nama ProgramPenelitian Kompetitif
Nama SkemaPenelitian Dosen Pemula
AbstrakUrgensi pengembangan buku 'English for Occupational Health and Safety' (EOHS) untuk program studi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (KKK) di Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor sangat mendesak. Hingga saat ini, UNIDA Gontor belum memiliki buku EOSH yang dirancang khusus untuk setiap program studi, termasuk KKK. Buku EOSH penting karena bahasa Inggris yang digunakan dalam setiap jurusan memiliki kosa kata dan terminologi spesifik. Buku ini menawarkan konteks yang relevan, pengembangan keterampilan khusus, metode pembelajaran aktif,serta penekanan pada keterampilan profesional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kebutuhan dan efektivitas pengembangan buku ajar EOHS dalam meningkatkan kompetensi bahasa Inggris mahasiswa KKK. Penelitian ini mengidentifikasi kebutuhan spesifik mahasiswa dalam pembelajaran bahasa Inggris di bidang KKK sehingga dapat membantu mahasiswa menguasai terminologi dan konsep-konsep kunci dalam bidang KKK serta meningkatkan kemampuan membaca, menulis, berbicara, dan mendengarkan dalam bahasa Inggris sesuai dengan bidang KKK. Metode penelitian ini mencakup beberapa tahapan penting. Tahap pertama adalah analisis kebutuhan melalui survei dan wawancara dengan mahasiswa, dosen, dan praktisi KKK untuk mengidentifikasi kebutuhan spesifik dalam pembelajaran bahasa Inggris. Selanjutnya, adalah analisis literatur untuk mengkaji materi ajar dan metode pengajaran yang telah digunakan sebelumnya serta menilai efektivitasnya. Penelitian juga melibatkan pengumpulan data melalui observasi di kelas dan wawancara mendalam dengan dosen untuk mendapatkan gambaran rinci tentang tantangan dan kebutuhan dalam pengajaran bahasa Inggris di bidang KKK. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif untuk mengidentifikasi pola dan tren yang relevan, dan disajikan dalam laporan komprehensif untuk rekomendasi pengembangan buku ajar EOHS. Hasil penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Inggris di program studi KKK serta menyediakan panduan bagi pengembangan buku ajar EOHS. Luaran wajib dalam penelitian ini adalah publikasi artikel di Jurnal Sinta 2 Journal on English as a Foreign Language (JEFL) https://e-journal.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/jefl/issue/archive dan luaran tambahan berupa prosiding di International Conference on Sustainable Innovation (ICOSI) https://icosi.umy.ac.id/2024/.
Pengusul Eka Indah Nuraini, S.Pd., M.Pd.
Anggota 1 Eka Indah Nuraini, S.Pd., M.Pd.
Anggota 2 Hesti Rokhaniyah, S.Pd., M.Pd.
Tahun Penelitian2024
Sumber DanaUNIDA GONTOR
Dana Non DiktiIDR 0,00