Penelitian Dosen Pemula

JudulDesain dan Perencanaan Pembelajaran E-Learning Pada Materi Sejarah Kebudayaan Islam Ma Al-Irtiqo (IIBS) Internasional Islamic Boarding School Malang
Nama HibahHibah Internal Penelitian
Nama ProgramPenelitian Kompetitif
Nama SkemaPenelitian Dosen Pemula
AbstrakPenyebaran Covid 19 di berbagai daerah menyembabkan lembaga pendidikan baik yang berada di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI maupun Kementerian Agama RI dipaksa harus belajar dari rumah agar mencegah penularannya. Namun fakta di lapangan menunjukkan bahwa proses pembelajaran disetiap jenjang pendidikan mulai dari sekolah dasar/ibtidaiyah sampai perguruan tinggi memperoleh dampak negatif karena baik siswa maupun mahasiswa “dipaksa” belajar jarak jauh dari rumah. Sehingga pembelajaran daring atau pembelajaran e-learning dapat dijadikan solusi dalam masa pandemi COVID-19. Meski dalam pelakasanananya, sering terjadi masalah terutama karena guru maupun siswa masih awam terkait pembelajaran e-learning, koneksi internet terbatas dan penyajian materi yang kurang menarik minat siswa. Sebagaimana yang tertulis di KMA No 183 Tahun 2019 pembelajaran SKI menekankan pada kemampuan mengambil ibrah/hikmah (pelajaran) dari sejarah masa lalu untuk menyikapi dan menyelesaikan permasalahan masa sekarang dan kecenderungan masa depan. Sehingga guru materi dituntut mampu menyampaikan materi kepada siswa dengan baik meski keadaan pembelajaran mengalami perubahan dengan pembelajaran e-learning. Salah satu upaya dari Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud menyusun pedoman pembelajaran jarak jauh atau e-learning, peran guru harus terbagi menjadi 3 hal yaitu, menentukan isi/konten materi, menganalisis profil pembelajaran, kondisi dan kebutuhmenan siswa saat ini dan mendesain implementasi pembelajaran Jarak Jauh (e-learning). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam terkait model desain dan perencanaan pembelajaran e-learning pada Materi SKI di MA AL-Irtiqa IIBS Malang, dengan Teknik pengumpulan data yaitu : observasi, wawancara dan dokumentasi. Objek dalam penelitian adalah Guru Materi SKI, Waka Kurikulum, dan siswa Analisis Data menggunakan deskriptif kualitatif mengacu model Miles dan Huberman yang terdiri dari: 1) Pengumpulan data, berupa catatan lapangan. 2) Reduksi data, membuat kategori data. 3) Penyajian data, tidak saja teks naratif, namun juga berupa matriks, bagan, maupun grafik 4) kesimpulan akhir. Luaran yang dijanjikan oleh penelitian ini adalah terbitnya hasil penelitian dalam bentuk karya ilmiah dalam jurnal nasional terakreditasi Sinta. Kata kunci : Desain Pembelajaran, Pembelajaran E-learning, Materi SKI
Pengusul Nurul Azizah, S.Pd.I., M.Pd.
Anggota 1 Syarifah, M.Pd.I.
Anggota 2 Nurul Azizah, S.Pd.I., M.Pd.
Tahun Penelitian2020
Sumber DanaUNIDA GONTOR
Dana Non DiktiIDR 0,00