Penelitian Terapan

JudulPengembangan Buku Ajar Bahasa Arab Berbasis CEFR dan Task-Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Mahasiswa Level A1 di Universitas Darussalam Gontor
Nama HibahHibah Internal Penelitian
Nama ProgramPenelitian Kompetitif
Nama SkemaPenelitian Terapan
AbstrakTujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan materi ajar bahasa Arab level A1 untuk meningkatkan kompetensi membaca Bahasa Arab mahasiswa Universitas Darussalam Gontor. Fokus penelitian ini adalah mendesain bahan ajar yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik pembelajar pada level A1 dengan pendekatan system CEFR dan pendekatan Task-Based Learning (TBL) untuk meningkatkan partisipasi aktif mahasiswa dalam proses pembelajaran. Urgensi penelitian ini adalah menyediakan bahan ajar bahasa Arab yang valid, reliabel, tepat, dan cepat untuk level A1. Hal ini sangat diperlukan oleh Universitas Darussalam Gontor dalam upaya mencapai visi universitas sebagai pusat pengkajian bahasa Al-Qur'an dan pusat pengkaderan ilmuwan yang menguasai bahasa Arab. Hasil uji lapangan telah menunjukkan bahwa Mayoritas mahasiswa (70%), berada pada level A1, sehingga pengembangan bahan ajar yang sesuai dengan level ini menjadi sangat penting untuk memastikan fondasi yang kuat dalam pembelajaran bahasa Arab. Dengan adanya bahan ajar yang sesuai, diharapkan proses pembelajaran bahasa Arab dapat berlangsung lebih efektif dan efisien. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model 4D yang terdiri dari empat tahapan yaitu define, design, develop, dan disseminate. Metode ini dipilih untuk memastikan bahwa bahan ajar yang dikembangkan melalui penelitian ini memenuhi standar kualitas yang tinggi dan dapat diimplementasikan dengan baik dalam konteks pembelajaran di UNIDA Gontor. Luaran wajib penelitian terapan ini adalah buku ajar bahasa Arab level A1 dengan status mendapatkan ISBN pada akhir tahun 2024. Sedangkan luaran tambahan adalah 1 artikel di jurnal internasional bereputasi International Journal of Language Education (IJOLE), jurnal Q1 dan SJR 0.26 yang diterbitkan oleh Universitas Negeri Makassar dengan target submitted tahun 2024. Luaran tambahan lainnya adalah 1 artikel pada jurnal nasional terakreditasi SINTA 2 Ijaz Arabi Universitas Negeri Malang dengan target accepted pada tahun 2024.
PengusulDr. Phil. Alif Cahya Setiyadi, S.Pd.I., M.A.
Anggota 1 Ahmad Ario Sofian, M.Pd.
Anggota 2
Tahun Penelitian2024
Sumber DanaUNIDA GONTOR
Dana Non DiktiIDR 0,00