Penelitian Kerjasama antar Perguruan Tinggi (PKPT)

JudulPengembangan Mobile Learning Menggunakan Metode Gamifikasi pada Mata Kuliah Kalkulus untuk Meningkatkan Kemampuan Computational Thinking Mahasiswa
Nama HibahHibah Internal Penelitian
Nama ProgramPenelitian Kompetitif
Nama SkemaPenelitian Kerjasama antar Perguruan Tinggi (PKPT)
AbstrakComputational thinking merupakan kemampuan berpikir yang diperlukan dalam mentrasnformasikan masalah dan solusinya, sehingga solusi yang diperoleh dapat menjadi pusat pemrosesan informasi yang efektif dalam menyelesaikan masalah. Kemampuan computational thinking sangat diperlukan oleh mahasiswa teknik informatika dalam pembelajaran Kalkulus dikarenakan dalam computational thinking, terdapat kemampuan berpikir dalam merumuskan masalah dan mencari solusinya dengan cara melakukan abstraksi, pengembangan algoritma, dan dekomposisi masalah menjadi komponen sederhana sehingga dapat direpresentasikan seperti yang dilakukan oleh manusia, komputer, atau kombinasi dari keduanya. Untuk itu dalam pembelajaran Kalkulus diperlukan media pembelajaran yang dapat menunjang pembelajaran untuk meningkatkan computational thinking mahasiswa. Mobile learning merupakan salah satu media pembelajaran yang memanfaatkan kemajuan teknologi dan informasi, dengan keuntungan berupa ketersediaan materi ajar yang dapat diakses kapan saja dan visualisasi materi yang menarik. Mobile learning merujuk pada penggunaan perangkat gadget, seperti PDA, telepon genggam, laptop, dan tablet PC, untuk kegiatan pengajaran dan pembelajaran. Gamifikasi adalah pendekatan pembelajaran yang menggunakan elemen-elemen dari game atau video game dengan tujuan memotivasi mahasiswa dalam proses pembelajaran, meningkatkan rasa senang dan keterlibatan mereka, serta menangkap minat mahasiswa untuk menginspirasi mereka agar terus belajar. Penerapan komponen-komponen game dalam e-learning dapat berdampak signifikan pada cara pengguna mempelajari materi. Efektivitas ini sangat bergantung pada tipe pengguna serta jenis atau komponen game yang diimplementasikan dalam e-learning. Pemanfaatan media pembelajaran berbasis Gamifikasi dalam proses pembelajaran sangat efektif untuk menghidupkan proses pembelajaran lebih efektif dan menarik daya fikir siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan mobile learning menggunakan metode gamifikasi pada matakuliah Kalkulus materi Turunan untuk meningkatkan kemampuan computational thinking mahasiswa. Pengembangan aplikasi mobile learning menggunakan metode gamifikasi Mechanics, dynamics, dan aesthetics. Luaran yang ditargetkan dalam penelitian ini berupa:1) Aplikasi mobile learning mata kuliah Kalkulus Materi Turunan, 2) HKI aplikasi mobile learning, 3) Publikasi pada Hipotenusa: Journal of Mathematical Society (sinta 2), 4) Publikasi prosiding pada UPY International Conference on Education and Social Science (UPINCESS) 2024
Pengusul Triana Harmini, M.Pd.
Anggota 1 Aziz Musthafa, S.Kom, M.T.
Anggota 2 Dihin Muriyatmoko, S.ST., M.T.
Tahun Penelitian2024
Sumber DanaUNIDA GONTOR
Dana Non DiktiIDR 20.000.000,00