Penelitian Stimulus Dosen

JudulModel Insersi Toleransi Antar Umat Beragama dalam Kurikulum SAA pada Perguruan Tinggi untuk Pencegahan Radikalisme dan Intoleransi
Nama HibahHibah Internal Penelitian
Nama ProgramPenelitian Kompetitif
Nama SkemaPenelitian Stimulus Dosen
AbstrakTema toleransi antarumat beragama sangat menarik untuk diperbincangkan kembali dalam konteks era modern saat ini, mengingat belakangan ini muncul sekelompok umat Islam yang cenderung radikal dalam memahami dan menjalankan praktik-praktik keagamaan. Sikap berupa berlebihan dalam beragama, ditandai dengan beberapa perilaku, seperti berprasangka buruk, intoleransi, fanatisme berlebihan terhadap salah satu pandangan dan radikalisme. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi model insersi atau integrasi nilai-nilai toleransi antarumat beragama dalam kurikulum studi agama-agama pada perguruan tinggi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui studi literatur atau studi pustaka dengan jenis pendekatan Content Analysisi (CA) sebagai upaya analisis dan sintesis toleransi antarumat beragama dalam kurikulum SAA. Hasil temuan dalam penelitian ini, yaitu; pertama, pentingnya pendidikan toleransi berbasis pada al-Qur'an dan Hadits. Kedua, pengaruh lingkungan masyarakat dalam berinteraksi dengan sesama lintas antar agama. Ketiga membangun harmoni toleransi antarumat beragama berbasis teologi Islam. Adapun luaran yang ditargetkan adalah artikel yang terpublish di jurnal nasional ber-ISSN pada jurnal Al-Hikmah: Jurnal Studi Agama-Agama, P-ISSN: 2407-9146 dan e-ISSN: 25495666.
Pengusul Tonny Ilham Prayogo, M.Ag.
Anggota 1 Muhammad Nurrosyid Huda Setiawan, S.Th.I., M.A.
Anggota 2
Tahun Penelitian2024
Sumber DanaUNIDA GONTOR
Dana Non DiktiIDR 0,00