Penelitian Kerjasama antar Perguruan Tinggi (PKPT)

JudulPENGEMBANGAN APLIKASI SIMULASI UJIAN TOEFL ITP BERBASIS WEB SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS AKADEMIS DI PERGURUAN TINGGI PESANTREN
Nama HibahHibah Internal Penelitian
Nama ProgramPenelitian Kompetitif
Nama SkemaPenelitian Kerjasama antar Perguruan Tinggi (PKPT)
Abstrak Diantara kendala yang urgent untuk segera diatasi dalam peningkatan kemampuan bahasa Inggris sivitas akademika di UNIDA Gontor adalah mereka menghadapi tantangan signifikan dalam mengadopsi aplikasi TOEFL, baik dalam format online maupun offline. Kesulitan utama termasuk akses berbayar terhadap simulasi tes TOEFL khususnya ITP, keterbatasan latihan soal yang belum memenuhi standar TOEFL ITP, dan kurangnya versi open acess pada TOEFL ITP. Penelitian terdahulu menemukan kelemahan dalam aplikasi TOEFL berbasis web dan android, terutama terkait kualitas soal yang tidak sepenuhnya sesuai dengan standar TOEFL ITP. Urgensi penelitian ini terletak pada kebutuhan mendesak untuk mengembangkan aplikasi yang mampu memperbaiki kelemahan yang ada, memastikan soal-soal latihan berkualitas tinggi dan sesuai dengan standar TOEFL ITP yang telah dikembangkan oleh Educational Testing Service (ETS). Saat ini, banyak aplikasi simulasi TOEFL ITP tidak tersedia dalam versi open access, sehingga membatasi kemampuan sivitas akademika untuk mengaksesnya kapan saja dan di mana saja. Oleh karena itu, penelitian ini sangat penting untuk menciptakan aplikasi yang mudah diakses oleh sivitas akademika tanpa hambatan, yang pada akhirnya dapat memberikan kontribusi signifikan bagi peningkatan kualitas akademis di perguruan tinggi pesantren. Tujuan penelitian ini yaitu 1) mengembangkan aplikasi simulasi ujian TOEFL ITP yang fokus pada Listening, Reading, dan Structure and Written Expression, 2) Mengembangkan bank soal yang variatif dan komprehensif untuk setiap bagian ujian dengan standard ETS dan berbagai tingkat kesulitan, 3) sebagai alat latihan yang efektif untuk membantu sivitas akademika meningkatkan skor mereka dalam ujian TOEFL ITP dan ujian akademik lainnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan perangkat lunak prototype. Tim pengembang akan melakukan desain aplikasi simulasi TOEFL dan soal-soal yang sesuai dengan standar tes TOEFL ITP ETS. Pentingnya meningkatkan skor TOEFL bagi sivitas akademika di Universitas Darussalam Gontor juga menjadi fokus pada penelitian ini. Oleh karena itu, akan diadakan workshop yang dirancang khusus untuk memberikan panduan, strategi, serta latihan praktis yang bisa membantu peseta meningkatkan kemampuan nilai TOEFL ITP. Penelitian ini menghasilkan sistem evaluasi online berbasis web untuk TOEFL ITP yang mampu menghasilkan soal yang terdiri dari 3 kategori: basic user, independent user, dan proficient user. Luaran wajib penelitian ini adalah publikasi artikel di Malaysian Journal of Learning and Instruction (Q3) https://e-journal.uum.edu.my/index.php/mjli, sedangkan luaran tambahan berupa HKI Aplikasi Simulasi Tes TOEFL ITP. Tingkat kesiapan teknologi dalam luaran penelitian ini adalah 3.
Pengusul Hesti Rokhaniyah, S.Pd., M.Pd.
Anggota 1 Dwi Ardiyanti, S.S., M.A.
Anggota 2
Tahun Penelitian2024
Sumber DanaUNIDA GONTOR
Dana Non DiktiIDR 19.880.000,00