Penelitian Dosen Pemula

JudulStrategi Unggulan Pada Perkembangan Pemasaran Syariah dalam Mendukung Bisnis Halal Pada Sector Digital: Studi Pada RM. Ikan Bakar Cianjur
Nama HibahHibah Internal Penelitian
Nama ProgramPenelitian Kompetitif
Nama SkemaPenelitian Dosen Pemula
AbstrakPermintaan akan produk halal di dunia semakin hari semakin meningkat. Fakta bahwa sejumlah populasi Muslim di dunia semakin besar. Berdasarkan data dari The Royal Islamic Strategic Studies Center (RISSC) The Muslim 500 edisi 2022, populasi Muslim global saat ini adalah 1,94 miliar; pada tahun 2030, diproyeksikan populasi Muslim dunia akan mencapai 2,2 miliar. Sementara itu, berdasarkan laporan State of the Global Islamic Economy tahun 2019, total pengeluaran untuk produk halal mencapai USD 2,02 triliun.(1) Terutama dalam hal makanan dan minuman. Makanan halal diminati karena kehalalan produknya. Tingginya kesadaran konsumen untuk mengkonsumsi produk halal berdasarkan kehalalan produk, kesehatan, dan perceived value semakin mendorong minat konsumen untuk membeli produk makanan halal. Akibatnya, gaya hidup halal semakin meningkat dan semakin mempengaruhi satu sama lain dalam bisnis produk halal.(2) Menurut data State of The Global Islamic Economy menyebutkan indikatornya tren bisnis halal didistribusikan pada enam sektor industri, termasuk keuangan Syariah layanan, makanan halal, fashion, travel, media, rekreasi, farmasi, dan kosmetik. Pada sektor-sektor tersebut, industri makanan halal telah menjadi salah satu pasar yang berkembang berkontribusi sekitar 12% untuk produk makanan.(3)salah satu bagian penting dalam hubungan pemasaran adalah membanguun hubungan jangka panjang dan loyal kepada pelanggan secara efektif seperti melalui digital marketing. Pemasaran digital merupakan Pemasaran digital didefinisikan sebagai praktik mempromosikan produk dan layanan menggunakan saluran distribusi digital melalui komputasi seluler, smartphone, atau perangkat digital lainnya.(4) sedangkan pada sector digital khususnya digital marketing masih belum menunjukkan potensi optimal dalam system pemasaran Syariah yang belum digagas secara khusus dalam bisnis industry halal, oleh sebab itu sangat perlu sekali untuk dibahas sehingga mampu mengoptimalkan teori Islamic Digital Marketing yang optimalkan oleh RM Ikan Bakar Cianjur. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Luaran yang akan diusulkan adalah publikasi nasional terakreditasi SINTA pada jurnal El Qist: Jurnal of Islamic Economics and Business Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, sedangkan luaran tambahan hasil penelitian akan Seminar Internasional
Pengusul Daud Sukoco, S.H.I., M.E.
Anggota 1 May Shinta Retnowati, S.H., M.E.
Anggota 2 Muhammad Abdul Aziz, S.H.I., M.Si.
Tahun Penelitian2023
Sumber DanaUNIDA GONTOR
Dana Non DiktiIDR 0,00