Penelitian Dosen Pemula

JudulANALISIS PENGARUH INTEGRATED BOARDING SYSTEM, KOMPETENSI DOSEN DAN SELF REGULATED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA MELALUI MOTIVASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR
Nama HibahHibah Internal Penelitian
Nama ProgramPenelitian Kompetitif
Nama SkemaPenelitian Dosen Pemula
AbstrakUniversitas Darussalam Gontor dikenal dengan sebutan universitas pesantren. Universitas pesantren merupakan sistem yang banyak unsur-unsur didalamnya yang saling berkaitan satu dengan yang lainya. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh beberapa unsur universitas pesantren yang diantaranya menganalisis pengaruh integrated boarding system, kompetensi dosen, self regulated learning terhadap hasil belajar mahasiswa melalui motivasi sebagai variabel intervening di Universitas Darussalam Gontor tahun 2021-2022. Jenis penelitian ini adalah survey dengan pendekatan kuantitatif menggunakan Path Analysis (analisis jalur) dengan aplikasi software Linier Structural Relationships (Lisrel 8.80).Populasi penelitian ini adalah seluruh dari alumni UNIDA Gontor tahun 2021-2022. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode stratified random sampling dari tiap fakultas. Penentuan jumlah sampel menggunakan formula slovin, dengan jumlah sampel sebanyak 250 mahasiswa . Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan mengisi kuesioner, dokumentasi dan data sekunder dari pihak terkait. Latar belakang penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana variable-variabel system pembelajaran yang terdapat di universitas Darussalam Gontor. Diantaranya, apakah ada pengaruh (1) integrated boarding system secara langsung terhadap motivasi belajar mahasiswa, (2) Kompetensi dosen secara langsung terhadap motivasi belajar mahasiswa, (3) Self regulated learning secara langsung terhadap motivasi belajar mahasiswa, (4),terdapat Pengaruh tidak langsung integrated boarding system, kompetensi dosen dan self regulated learning melalui motivasi belajar motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh/sumbangan: (1) integrated boarding system secara langsung terhadap motivasi belajar mahasiswa, (2) Kompetensi dosen secara langsung terhadap motivasi belajar mahasiswa, (3) Self regulated learning secara langsung terhadap motivasi belajar mahasiswa, (4),terdapat Pengaruh tidak langsung integrated boarding system, kompetensi dosen dan self regulated learning melalui motivasi belajar motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar. Penelitian ini berada pada kriteria Tingkat Kesiapan Teknologi (TKT) level 1 (prinsip dasar dari teknologi diteliti dan dilaporkan). Luaran penelitian dengan mempublikasi hasil penelitian di jurnal terakreditasi. Kata kunci maksimal 5 kata path analysis, boarding system, kompetensi dosen dan selg regulated, hasil belajar
Pengusul Dedi Mulyanto, M.Pd.
Anggota 1 Ahmad Niayatulloh, M.Pd.
Anggota 2
Tahun Penelitian2023
Sumber DanaUNIDA GONTOR
Dana Non DiktiIDR 5.000.000,00