Penelitian Stimulus Dosen

JudulTingkat Literasi Digital Mahasiswa UNIDA Gontor Sebagai Pemilih Pemula Pada Pemilu 2024 Dalam Merespon Berita Hoaks Politik
Nama HibahHibah Internal Penelitian
Nama ProgramPenelitian Kompetitif
Nama SkemaPenelitian Stimulus Dosen
AbstrakDari hasil survei yang dilakukan oleh tim Kata Data pada tahun 2022 (https://databoks.katadata.co.id/publikasi/2023/02/01/status-literasi-digital-di-indonesia-2022 ) dengan melibatkan 10.000 (sepuluh ribu) responden yang tersebar di seluruh Indonesia menunjukkan bahwa 76% responden mengakses media sosial. WhatsApp, Facebook, dan YouTube adalah tiga media sosial yang digunakan oleh lebih dari 70% responden selama tiga tahun terakhir (2020-2022) disusul dengan media sosial Instagram. Temuan menarik pada survei ini adalah terkait TikTok. Pengamatan dalam tiga tahun terakhir menunjukkan persentase pengguna TikTok secara konsisten dan signifikan naik dari tahun ke tahun. Pada tahun 2020, persentasenya masih 17%. Angka ini naik menjadi 30% pada 2021 dan melonjak menjadi 40% di tahun 2022 ini. Dari hasil penelitian tersebut maka dapat kita pastikan bahwa di era serba digital saat ini memungkinkan sebuah alternatif baru bagi warga negara termasuk didalamnya adalah para pemilih pemula untuk ambil bagian dalam partisipasi politik tanpa kehadiran fisik, cukup kehadiran melalui media digital. Permasalahan yang muncul terkait dengan penelitian ini adalah persoalan literasi digital bagi pemilih pemula. Pemilih pemula yang terdiri atas pelajar, mahasiswa atau pemilih dengan rentang usia 17-21 tahun menjadi segmen yang memang unik, seringkali memunculkan kejutan dan tentu menjanjikan secara kuantitas. Disebut unik, sebab perilaku pemilih pemula dengan antusiasme tinggi, relatif lebih rasional, haus akan perubahan dan tipis akan kadar polusi pragmatism. Lebih spesifik, dalam penelitian yang akan menjadi subjek penelitian adalah mahasiswa UNIDA Gontor yang tergolong dalam kategori pemilih pemula. Tingkat literasi digital dapat dilihat melalui 10 kompetensi literasi digital yaitu: 1. Mengakses: Kemampuan dalam menggunakan media digital dalam memperoleh informasi. 2. Menyeleksi: Kemampuan mengelompokkan jenis informasi dari berbagai macam sumber yang berguna bagi pengguna media digital. 3. Memahami: Kemampuan menginterpretasikan informasi yang telah dikelompokkan sebelumnya. 4. Menganalisis: Kemampuan mengkaji dampak positif dan negatif informasi yang sudah dipahami sebelumnya. 5. Memverifikasi: Kemampuan melakukan pengecekan ulang informasi yang sejenis. 6. Mengevaluasi: Kemampuan meminimalisir dampak negatif sebelum menyebarkan informasi. 7. Mendistribusikan Kemampuan menyebarkan informasi kepada sasaran yang tepat. 8. Memproduksi Kemampuan membentuk dan menciptakan informasi baru berdasarkan fakta sesuai kaidah berinternet yang baik. 9. Berpartisipasi Kemampuan menjadi pengguna yang bijak dalam mengakses media digital. 10. Berkolaborasi Kemampuan untuk bekerjasama dengan pengguna media digital lainnya dalam menyebarkan informasi berdasarkan fakta sesuai kaidah berinternet yang baik
Pengusul Farisma Jiatrahman, S.H.I., M.Pd.
Anggota 1 Maulana Ashari, M.Pd.
Anggota 2 Nurhana Marantika, S.Sos.I., M.A.
Tahun Penelitian2023
Sumber DanaUNIDA GONTOR
Dana Non DiktiIDR 3.000.000,00