Penelitian Dosen Pemula

JudulKajian Pengembangan Tingkat Lanjut Mobile Learning Laboratorium Tafsir Sains 2.0 (Labtafsin) untuk Meningkatkan Literasi Digital Mahasiswa di Universitas Darusssalam Gontor
Nama HibahHibah Internal Penelitian
Nama ProgramPenelitian Kompetitif
Nama SkemaPenelitian Dosen Pemula
AbstrakPerkembangan era revolusi industri 4.0 dan penerapan MBKM, maka model pembelajaran blended learning menjadi salah satu model yang banyak dipilih pendidik dalam menyelenggarakan pembelajaran. Selaras dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, Prodi Ilmu Al Quran dan Tafsir Universitas Darussalam Gontor berupaya terus mengembangkan materi tafsir sains sebagai upaya untuk meningkatkan performa akademik mahasiswa. Maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji mengembangkan tingkat lanjut mobile learning laboratorium tafsir sains (Labtafsin) yang efektif bagi mahasiswa Ilmu Al-Quran dan Tafsir melalui literasi digital. Penelitian ini merupakan tindak lanjut dari penelitian awal yang dilakukan peneliti sebelumnya di tahun 2019-2020 tentang Kajian Pengembangan Mobile Learning Laboratorium Tafsir Sains (Labtafsin Apps) Untuk Mahasiswa Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir Universitas Darussalam Gontor yang telah menghasilkan aplikasi yang dapat didownload di Playstore. Aplikasi ini masih perlu dikaji karena di akhir tahun 2022 ditemukan kendala pada aplikasi berupa force close. Kendala ini diperkirakan penyebabnya adalah database dalam aplikasi perlu diupgrade. Aplikasi ini memiliki 14 tema tafsir sains dan disajikan dalam dua bahasa yaitu bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris Kajian pengembangan tingkat lanjut mobile learning Labtafsin 2.0 di tahun 2023 ini adalah terkait mengkaji tentang mengkaji materi tafsir sains dan media (database) yang akan dikembangkan pada beberapa bidang focus antara lain pangan, energi, kesehatan dan kemaritiman. Dengan kajian pengembangan tingkat lanjut mobile learning laboratorium tafsir sains ini diharapkan menjadi dasar terciptanya mobile learning labtafsin 2.0 dan menjadi salah satu hasil penelitian yang dapat diintegrasikan dalam pembelajaran pada mata kuliah, meningkatkan literasi digital mahasiswa dan mendukung focus riset digital economy Penelitian ini diharapkan dapat menghasilkan kajian produk berupa pengembangan tingkat lanjut mobile learning Labtafsin 2.0. Adapun tingkat kesiapan teknologi (TKT) dalam penelitian ini adalah 3, dengan luaran berupa publikasi di jurnal nasional terakreditasi sinta Al- Misbah (Jurnal Islamic Studies), dan luaran tambahan artikel prosiding seminar nasinal sains dan teknologi serta HKI
Pengusul Mahmud Rifaannudin, S.Ud., M.Ag.
Anggota 1 Niken Sylvia Puspitasari, S.Pd., M.Si.
Anggota 2 Dihin Muriyatmoko, S.ST., M.T.
Tahun Penelitian2023
Sumber DanaUNIDA GONTOR
Dana Non DiktiIDR 0,00