Teknik Informatika

JudulPENERAPAN GAMIFIKASI UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN DOA HARIAN ANAK TPA
Nama HibahHibah Internal Penelitian
Nama ProgramPenelitian Mandiri Fakultas
Nama SkemaTeknik Informatika
AbstrakDoa harian merupakan salah satu kegiatan pembelajaran yang diberikan di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) yang bermanfaat untuk meningkatkan ketaqwaan dan keimanan kepada Allah SWT. Metode pembelajaran yang selama ini berlangsung masih menggunakan metode ceramah dan hafalan sehingga anak-anak cenderung bosan dan kurang tertarik dalam belajar. Oleh karena itu dibutuhkan metode pembelajaran doa harian yang menarik bagi anak. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game edukasi doa harian dengan menggunakan metode gamification. Metode gamification menggunakan elemen-elemen pada game seperti point, level, leaderboard dan reward yang berguna untuk memotivasi anak dalam belajar. Hasil dalam penelitian ini berupa game edukasi doa harian berbasis android bernama Farihan yang mempunyai dua karakter animasi 2D dan 20 pertanyaan doa didalamnya (https://bit.ly/3yM3MCi). Pengujian game ini dilakukan dengan lima cara pengujian. Hasil pengujian tersebut menunjukkan pengguna sangat setuju dan mengapresiasi terhadap aplikasi yang dibangun. Oleh karenanya, dengan adanya aplikasi ini diharapkan para pengajar dan siswa/siswi TPA dimudahkan dalam kegiatan pembelajaran TPA terutama di masa pandemi. Harapan pada penelitian berikutnya dapat mengembangkan aplikasi ini berbasisiOS
Pengusul Faisal Reza Pradhana, S.Kom., M.Kom.
Anggota 1 Triana Harmini, M.Pd.
Anggota 2
Tahun Penelitian2021
Sumber DanaUNIDA GONTOR
Dana Non DiktiIDR 11.000.000,00