Penelitian Kolaboratif Internasional

JudulPengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Untuk Mahasiswa Indonesia dan Thailand
Nama HibahHibah Internal Penelitian
Nama ProgramPenelitian Kompetitif
Nama SkemaPenelitian Kolaboratif Internasional
AbstrakBahasa Arab merupakan bahasa peradaban dan sumber keilmuan Islam. Bahasa Arab memiliki empat keterampilan yang harus dikuasai oleh peserta didik, dan salah satunya ialah keterampilan membaca. Keterampilan membaca sangat mempengaruhi pemahaman peserta didik dalam pembelajaran bahasa Arab. Sehingga penguasaan terhadap keterampilan membaca juga sangat mempengaruhi hasil belajar peserta didik itu sendiri. Namun, pengajar bahasa Arab masih menghadapi kendala dalam pembelajarannya, seperti kemampuan membaca peserta didik yang tidak bisa membantu mereka dalam membaca buku bahasa Arab dan makalah berbahasa Arab. Hal ini menyebabkan peserta didik merasa kesulitan dan bosan sehingga mempengaruhi ketertarikan mereka untuk mempelajari bahasa Arab. Untuk itu, penelitian ini berusaha mengembangkan media pembelajaran buku bahasa Arab berbasis Power Point Android untuk meningkatkan kemampuan membaca peserta didik dan mengetahui efektivitasnya terhadap kemampuan membaca peserta didik setelah diujicobakan. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg and Gall yang digunakan untuk mengembangkan produk tertentu, mengetahui efektivitas penggunaannya, dan memverifikasi keabsahannya. Penelitian dengan model pengembangan ini memiliki 10 langkah, yaitu 1) Analisis data, 2) Perencanaan, 3) Desain, 4) Pengumpulan data, 5) Validitas produk, 6) Uji coba pertama, 7) Memperbaiki produk, 8) Uji coba produk kedua, 9) Penyempurnaan produk, dan 10) Evaluasi. Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan suatu produk dan akan digunakan dan dimanfaatkan kembali untuk mengatasi masalah yang dihadapi dalam proses pembelajaran sesuai dengan kebutuhan di lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, tes, angket atau questioneries, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-kuantitatif dan menggunakan program SPSS versi 25 dengan rumus Wilcoxon Signed ranks Test untuk menganalisa data yang telah dikumpulkan. Hasil dari penelitian ini adalah tersusunnya media pembelajaran buku bahasa Arab yang dikembangkan berbasis Power Point Android. Dalam media ini juga disertakan materi, latihan soal, serta metode pembelajarannya. Adapun efektivitas media pembelajaran ini dapat dilihat dari nilai post-test peserta didik lebih tinggi dari nilai pre-test mereka, dan hasil uji Wilcoxon Signed ranks Test (0,000) lebih kecil dari (0,05). Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran buku bahasa Arab berbasis Power Point Android yang disusun dalam penelitian ini sudah efektif dan sesuai untuk digunakan dalam proses belajar mengajar, khususnya dalam pembelajaran bahasa Arab. Hasil wawancara dan angket yang diberikan kepada responden juga menyatakan bahwa media pembelajaran ini sangat menarik dan mendukung pembelajaran bahasa Arab peserta didik. Setelah penelitian ini selesai dan dapat disimpulkan hasil dari penelitian, diharapkan kepada para pengajar bahasa Arab agar memperhatikan kemampuan peserta didik pada semua materi bahasa Arab, khususnya dalam keterampilan membaca. Penelitian ini termasuk kategori riset pengembangan yang mengacu kepada TKT 3. Jurnal llmiah yang menjadi sasaran adalah jurnal International Journal of Language Testing (IJLT) Q3 terbit 2 kali di bulan Maret dan Oktober 2023 https://www.ijlt.ir/article_157131.html …dan luaran tambahan berupa seminar internasional kependidikan di UIN Malang………..
PengusulDr. Abdul Hafidz bin Zaid, M.A.
Anggota 1Ahmad Hidayatullah Zarkasyi
Anggota 2 Siti Anne Barkah Nur Fauziah, M.Pd.
Tahun Penelitian2023
Sumber DanaUNIDA GONTOR
Dana Non DiktiIDR 0,00