World Class Research

JudulEfekfitivitas Pengajaran Bahasa Arab Menggunakan Materi Ajar Non-Linguistik Dengan Pendekatan “Content and Language Integrated Learning” Di Universitas Indonesia Dan Thailand.
Nama HibahHibah Internal Penelitian
Nama ProgramPenelitian Penugasan
Nama SkemaWorld Class Research
AbstrakUniversitas Darussalam Gontor merupakan Universitas berbasis pesantren yang menggunakan bahasa Arab sebagai salah satu bahasa pengantar dalam proses perkulian, meskipun materi yang disampaikan bukan materi kebahasaan, seperti materi dirasah Islamiyah juga disampaikan dalam bahasa Arab. Fatoni University merupakan Universitas Islam yang juga memiliki program pendidikan bahasa Arab yang mengembangkan pembelajaran bahasa Arab untuk tingkat mahasiswa. Seiring dengan pengajaran ini adalah pengajaran bahasa menurut Pendekatan Content and Language Integrated Learning (CLIL), yang berasumsi bahwa pengajaran bahasa asing tidak cukup hanya mengajarkan bahasa sebagai pelajaran bahasa saja, tetapi menggunakannya (bahasa asing) dalam kegiatan mengajar materi non-lingusitik juga. Berdasarkan hal-hal tersebut, maka penelitian ini ditujukan untuk meneliti lebih lanjut mengenai pengajaran Bahasa Arab melalui Materi Pelajaran Islam di Universitas Darussalam Gontor dan Fatoni University dengan menggunakan kriteria pengajaran Bahasa Asing menurut Pendekatan CLIL, sehingga diharapkan dengan penelitian ini dapat memberikan wacana baru dalam pengajaran Bahasa Arab, khususnya untuk pengajaran Bahasa Arab di Indonesia dan Thailand. Penelitian ini bertujuan untuk menelusuri secara mendalam bagaimana pembelajaran bahasa Arab melalui mata pelajaran Islam Universitas Darussalam Gontor dan di Fatoni University. Dan bagaimana analisis pembelajaran bahasa Arab melalui mata pelajaran Islam dengan pendekatan pembelajaran integratif terhadap content dan bahasa di Universitas Darussalam Gontor dan di Fatoni University. Penelitian ini termasuk kategori riset dasar yang mengacu kepada TKT tingkat 3. Penelitian ini merupakan Penelitian Lapangan berjenis Studi Kasus, dengan Pendekatan Kualitatif, dan menggunakan Metodologi Penelitian Kajian Deskriptif. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan Metode Dokumentasi & Kepustakaan, Interview, dan Observasi. Dan untuk menganalisa data yang dikumpulkan, peneliti menggunakan metode analisis interaktif oleh Miles dan Hubberman yaitu: Reduksi Data, Display Data, Analisa Data dan Kesimpulan serta Verifikasi. Luaran penelitian ini yaitu jurnal internasional bereputasi terindex Scopus (Q3) Cakrawala Pendidikan Jurnal Ilmiyah Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta, ISSN 0216-1370 (printed) and ISSN 2442-8620 (online), yang akan terbit bulan Juni 2023.
Pengusul Agus Yasin, S.Fil.I., M.Pd.I., Ph.D.
Anggota 1 Agus Yasin, S.Fil.I., M.Pd.I., Ph.D.
Anggota 2
Tahun Penelitian2023
Sumber DanaUNIDA GONTOR
Dana Non DiktiIDR 0,00