Penelitian Kolaboratif Internasional

JudulPerbandingan Pengukuran Kompetensi Digital Guru Bahasa Inggris di Kota Cordoba, Spanyol dan Kabupaten Ponorogo, Indonesia dan Pengaruhnya Terhadap Kualitas Pembelajaran Bahasa Inggris: Mengadopsi Kerangka Kerja Eropa DigComp 3.0
Nama HibahHibah Internal Penelitian
Nama ProgramPenelitian Kompetitif
Nama SkemaPenelitian Kolaboratif Internasional
AbstrakRingkasan Tujuan penelitian ini adalah pertama, menilai kompetensi digital guru di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Indonesia dengan menyasar pada Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan SMP/SMA negeri di Cordoba, Spanyol. Kedua, untuk membandingkan hasil dari dua konteks. Akhirnya, dengan mengukur kedua konteks tersebut, para peneliti berusaha untuk menguji pengaruh kompetensi digital guru dalam pengajaran bahasa Inggris mereka di kelas. Menariknya, pengukuran ini mengadopsi framework DigComp 3.0 European yang mencakup lima kompetensi; 1) Literasi informasi dan data, 2) Komunikasi dan kolaborasi, 3) Pembuatan konten digital, 4) Keamanan, dan 5) Pemecahan masalah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survey dan interview. Analisis mengukur kemampuan kompetensi digital guru bahasa inggris dengan mengadopsi framework eropa. Hasil dihitung berdasarkan data hasil observasi yang telah dilakukan, kemudian dicari skor dan disimpulkan melalui kriteria yang ditentukan. Jenis data menggunakan data primer, data primer yaitu data yang diambil dari pihak pertama.
Pengusul Aries Fachriza, S.Pd.I., M.Pd.
Anggota 1 Diska Fatima Virgiyanti, S.Pd., M.Pd.
Anggota 2 Muhammad Haikal, S.Pd., M.Sc.
Tahun Penelitian2023
Sumber DanaUNIDA GONTOR
Dana Non DiktiIDR 0,00