Penelitian Kolaboratif Internasional

JudulPENGEMBANGAN DESAIN E-LEARNING MATERI KETERAMPILAN BAHASA ARAB BERBASIS LEARNING MANAGEMENT SYSTEM IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOLABORATIF UNIDA GONTOR DAN UNISSA BRUNEI DARUSSALAM
Nama HibahHibah Internal Penelitian
Nama ProgramPenelitian Kompetitif
Nama SkemaPenelitian Kolaboratif Internasional
AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain produk e-learning bahasa arab berbasis Learning Management System. Konten e-learning terdiri dari materi-materi keterampilan bahasa arab (al-maharat al-‘arabiyah) dan evaluasi bahasa arab (al-ikhtibarat al-arabiyah) yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran serta dapat diakses oleh mahasiswa secara online. Produk dari penelitian ini diharapkan mampu meningkatkan kompetensi bahasa arab mahasiswa penutur non-arab. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development. Sampel yang digunakan adalah mahasiswa Universitas Darussalam Gontor Indonesia dan mahasiswa Universitas Islam Sultan Sharif Ali Brunei Darussalam yang dipilih secara random (Random Sampling). Platform e-learning ini dikembangkan menggunakan software Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment (Moodle) yang dirancang berdasarkan Social Constructionist Pedagogy. Penelitian ini berusaha untuk melakukan inovasi dan implementasi media pembelajaran bahasa Arab dengan melibatkan peran teknologi informasi. Hasil penelitian ini diharapkan mampu menghasilkan produk pembelajaran dengan tingkat kesiapan teknologi skala 6 (TKT 6) yang menunjukkan penerapan prototipe sistem e-learning bahasa arab dalam lingkungan perguruan tinggi sesuai dengan kurikulum yang sebenarnya. Penelitian ini memiliki target luaran yaitu luaran wajib berupa dewain web e-learning, jurnal beruptasi international (Q3), dan Buku ajar bahasa Arab, serta luaran tambahan berupa Jurnal Nasional Sinta 2 dan HKI.
Pengusul Aat Mupliah, M.Pd.
Anggota 1Dr. Moh. Ismail, M.Pd.I.
Anggota 2 Siti Nikmatul Rochma, S.Pd., M.Pd.
Tahun Penelitian2023
Sumber DanaUNIDA GONTOR
Dana Non DiktiIDR 30.000.000,00