Penelitian Kolaboratif Internasional

JudulSTRATEGI PENGUATAN MODEL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI ERA NEW NORMAL BERBASIS METODE MULTIMEDIA DEVELOPMENT LIFE CYCLE
Nama HibahHibah Internal Penelitian
Nama ProgramPenelitian Kompetitif
Nama SkemaPenelitian Kolaboratif Internasional
AbstrakPendidikan merupakan sector yang mendapatkan banyak pengaruh dari penyebaran virus covid 19, berbagai kebijakan pemerintah dimasa pandemi memaksa setiap sekolah dan pondok pesantren melaksanakan kegiatan pembelajaran secara daring. Di era new normal saat ini, dimana kegiatan pembelajaran dikembalikan dalam bentuk tatap muka seperti sedia kala, muncul sebuah masalah, dimana para santri telah terbiasa menerima pengajaran dengan menggunakan media berbasis teknologi informasi yang lengkap dan menarik, sehingga menuntut kesiapan para pengajar untuk dapat menyesuaikan strategi pengajaran, model pembelajaran, lingkungan belajar santri serta penggunaan teknologi. Pembelajaran bahasa Arab di pondok pesantren dilaksanakan melalui metode pembelajaran langsung, dimana di dalam pengajarannya, materi diajarkan langsung menggunakan bahasa Arab tanpa terjemahan, ditambah dengan ketiadaan gambar atau media lain sebagai alat pembantu, sehingga tidak jarang menimbulkan kesulitan bagi pengajar dalam memahamkan materi tersebut kepada para santri. Metode pengajaran langsung dinilai belum cukup inovatif dalam menghadapi generasi santri di era new normal, sehingga perlu diadakan strategi penguatan dari segi model pembelajaran, khususnya media ajar berbasis teknologi yang mampu membantu mempermudah para pengajar serta menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif dengan para santri. Tujuan penelitian ini berfokus kepada rancang bangun media ajar Bahasa Arab AQiraah Ar-Rasyidah jilid 1 berbasis media animasi 2 dimensi yang dinilai memiliki kelebihan audio visual yang lengkap baik dari segi tampilan gambar, warna maupun suara. Sehingga diharapkan mampu menjadi sebuah rangsangan bagi para santri untuk lebih tertarik dan semangat dalam belajar. Konten animasi yang dihasilkan untuk kemudian digabungkan kedalam sebuah website yang dapat dengan mudah diakses oleh pengajar di setiap pondok pesantren. Jenis penelitian adalah research and development, dimana perancangan media dibuat berdasarkan metode multimedia development life cycle dengan tahapan (1) Inisialisasi konsep, (2) Desain, (3)Pengumpulan material, (4) perancangan produk, (5) testing dan validasi, (6) delivery. Konten animasi menerapkan metode langsung tanpa menggunakan bahasa ibu (Indonesia). TKT dari penelitian ini adalah luaran wajib yang diharapkan yaitu publikasi di jurnal nasional terakreditasi (accepted/published), sedangkan luaran tambahannya adalah diseminarkan dalam pertemuan ilmiah internasional (accepted dan presented), dan hak kekayaan intelektual (HKI) produk (terdaftar
Pengusul Yoke Suryadarma, S.Pd.I., M.Pd.I.
Anggota 1 Faisal Reza Pradhana, S.Kom., M.Kom.
Anggota 2
Tahun Penelitian2022
Sumber DanaUNIDA GONTOR
Dana Non DiktiIDR 0,00