Penelitian Kerjasama antar Perguruan Tinggi (PKPT)

JudulEvaluasi Pembelajaran Jarak Jauh Mata Pelajaran Bahasa Arab Pada Masa Pandemi Covid-19 di MTsN 1 Ponorogo dengan Menggunakan Model CIPPO
Nama HibahHibah Internal Penelitian
Nama ProgramPenelitian Kompetitif
Nama SkemaPenelitian Kerjasama antar Perguruan Tinggi (PKPT)
Abstrak Kondisi pandemi covid-19 saat ini menjadikan sekolah tidak dapat melaksanakan pembelajaran secara langsung. Pada mata pelajaran Bahasa Arab, proses pembelajaran yang dilakukan secara daring mengalami pelbagai masalah karena guru lebih banyak memberikan tugas sehingga siswa tidak dapat melakukan percakapan secara langsung (muhadastah). Sebagian guru berinisiatif membuat video pembelajaran, namun solusi ini juga menimbulkan masalah baru bagi orangtua murid berkaitan dengan kuota internet, jaringan dan lain sebagainya. Beberapa permasalahan tersebut menjadikan motivasi belajar bahasa arab siswa menjadi rendah sehingga tujuan pembelajaran dan target kurikulum sekolah tidak tercapai. Tujuan penelitian untuk mengevaluasi pembelajaran jarak jauh pada mata pelajaran bahasa arab di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) ponorogo berdasarkan aspek konteks, input, proses, produk, dan outcomes. Penelitian ini menggunakan pendekatan mix-methode dengan jenis penelitian evaluasi. Model yang digunakan adalah CIPPO yang terdiri dari lima aspek evaluasi yaitu konteks, input, proses, produk, dan outcomes. Luaran wajib hasil penelitian adalah artikel ilmiah yang diterbitkan oleh jurnal dinamika ilmu IAIN Samarinda (Sinta 2) dan prosiding seminar internasional bereputasi. TKT yang akan dicapai adalah level 4 dengan melakukan evaluasi kebijakan pelaksanaan program.
PengusulDr. Ihwan Mahmudi, S.H.I., M.Pd.
Anggota 1Dr. Rahmat Hidayat, Lc., M.A.
Anggota 2Dr. Rahmat Hidayat, Lc., M.A.
Tahun Penelitian2021
Sumber DanaUNIDA GONTOR
Dana Non DiktiIDR 20.000.000,00