Penelitian Kerjasama antar Perguruan Tinggi (PKPT)

JudulPenyusunan Bahan Ajar Imla’ Untuk Program Arabic Camp di Universitas Darussalam Gontor
Nama HibahHibah Internal Penelitian
Nama ProgramPenelitian Kompetitif
Nama SkemaPenelitian Kerjasama antar Perguruan Tinggi (PKPT)
AbstrakKeterampilan menulis merupakan salah satu dari empat keterampilan berbahasa yang harus dicapai dalam pengajaran bahasa Arab. Fungsi bahasa sebagai alat komunikasi tidak hanya meliputi bahasa lisan akan tetapi juga meliputi komunikasi dengan tulisan, maka pembelajaran menulis bahasa Arab juga mempunyai peran yang sangat sentral dalam meningkatkatkan kualitas berbahasa Arab. Akan tetapi dalam kenyataannya, siswa masih mengalami kesulitan dan kurang memahami materi dalam pembelajaran menulis bahasa Arab terkhususnya pada pelajaran iml?’. Salah satu penyebab yang dihadapi siswa adalah karena bahan ajar yang kurang komprehensif dalam menyajikan materi-materi dan latihan-latihan. Maka dari itu perlu adanya penambahan dan pengembangan materi dalam bahan ajar tersebut. Hal ini lah yang mendasari penulis untuk mengembangkan bahan ajar iml?’ untuk meningkatkan keterampilan menulis pada peserta Arabic Camp di Pusat Pendidikan dan Latihan (Pusdiklat) Unida Gontor. Tujuan dari penelitian ini adalah agar siswa lebih mudah dalam memahami pelajaran iml?’ sehingga bisa teraplikasikan dalam komunikasi tulisan dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah-kaidah penulisan yang baku. Adapun kegunaanya adalah 1) Memberi pemahaman dan pengetahuan bagi para guru mengenai pentingnya pengembangan bahan ajar supaya pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien, 2) Memberikan referensi kepada lembaga dan para pengajar bahasa Arab Pusdiklat Unida Gontor khusus yang berkaitan dengan pelajaran iml?’. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode Research & Development (R&D) yang mana prosesnya terdiri dari empat tahapan yaitu, penelitian, perencanaan, produksi, dan pengujian. Penelitian ini dirancang untuk mengembangkan sebuah produk untuk selanjutnya dimanfaatkan untuk mengatasi masalah yang ada berdasarkan kebutuhan di lapangan. Dari aspek uji coba sebuah produk di lapangan, peneliti memakai metode penelitian eksperimen dengan teknik pengumpulan data memakai pre-test dan post-tes. Sedangkan teknik analisis data mengunakan teknik t-test untuk menentukan perbedaan tertinggi antara nilai rata-rata ujian pre-test dan post-test. Penelitian ini termasuk kategori riset dasar yang mengacu pada TKT tingkat 2. Oleh karena itu, penelitian ini berusaha untuk mengembangkan buku ajar yang sesuai dengan program Arabic Camp di Unida Gontor agar kedepannya buku ajar yang digunakan mempunyai kesinambungan mulai dari tingkatan pertama hingga akhir. Selain itu, mendapatkan metode yang tepat dalam meningkatkan keterampilan menulis para peserta pada program Arabic Camp di Unida Gontor. Adapun luaran target dari penelitian ini adalah publikasi jurnal internasional terindex Q4, yaitu International Journal of Language Education yang akan terbit pada bulan Maret tahun 2022 dan Buku ajar Imla’ untuk program Arabic Camp di Pusdiklat Unida Gontor yang tersertifikasi HKI Pada bulan Maret, 2022.
PengusulAssoc. Prof. Dr. Abdul Hafidz bin Zaid, Lc., M.A.
Anggota 1Dr. Ihwan Mahmudi, S.H.I., M.Pd.
Anggota 2
Tahun Penelitian2022
Sumber DanaUNIDA GONTOR
Dana Non DiktiIDR 20.000.000,00