Penelitian Dasar

JudulDesain Pembelajaran Mufrodat untuk Pemula Berbasis Aplikasi Articulate Storyline
Nama HibahHibah Internal Penelitian
Nama ProgramPenelitian Kompetitif
Nama SkemaPenelitian Dasar
AbstrakUniversitas Darussalam Gontor merupakan Perguruan Tinggi yang sangat berkomitmen kepada Bahasa Arab dan pengembangannya sejak awal berdirinya hingga kini. Hal ini dibuktikan dengan diadakannya program kelas matrikulasi sebagai kelas persiapan bagi calon mahasiswa santri di Universitas Darussalam Gontor yang bukan alumni pondok pesantren. Namun, kelas yang masih berdiri belum lama ini juga menghadapi beberapa kendala dalam proses pembelajarannya. Beberapa masalah yang dihadapi kelas Matrikulasi dalam proses belajar mengajarnya adalah; Pertama, dengan kurang maksimalnya penyediaan bahan ajar pada materi ini menyebabkan tidak tercapainya standar perbendaharaan kosakata untuk kelas pemula, yang dimana untuk kelas pemula ini setidaknya memiliki 750- 800 kosakata; Masalah kedua adalah kelancaran mahasiswi kelas matrikulasi dalam berbicara masih kurang hal ini juga disebabkan oleh kurangnya perbendaharaan kosakata; Masalah ketiga adalah kurang maksimalnya penyediaan bahan ajar ini juga menyebabkan pembelajaran kosakata menjadi jenuh dan kurang terarah. Untuk mengatasi masalah ini, peneliti merancang bahan ajar pendidikan yang berbasis software computer Articulate Storyline untuk Mahasiswa kelas matrikulasi di Universitas Darussalam Gontor. Tujuan penelitian adalah untuk membuat aplikasi pembelajaran bahasa Arab berbasis Articulate Storyline untuk pemula. Aplikasi ini secara khusus diperuntukkan bagi calon mahasiswa santri di Universitas Darussalam Gontor yang bukan alumni pondok pesantren. Hal ini dikarenakan kemampuan berbahasa Arab mereka masih belum memenuhi standar untuk mengikuti pembelajaran bahasa Arab di UNIDA Gontor. Pengembangan aplikasi ini menggunakan metode Reseach and Development (R&D) model Borg and Gall.yang terdiri dari 10 tahapan, yaitu (1) analisis kebutuhan, (2) desain produk, (3) proses pengembangan, (4) validasi ahli, (5) revisi produk, (6) uji coba secara terbatas, (7) revisi produk, (8) uji coba dengan skala besar (9) revisi produk, dan (10) produk akhir. Target luaran dari penelitian adalah publikasi jurnal terakreditasi bereputasi internasional The International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), p-ISSN: 2252-8822, e-ISSN: 2620-5440 dan HKI. TKT penelitian ini antara 2-3 yang meliputi Produk Aplikasi “Araby”, dan hard core pengembangan Media Pembelajaran.
PengusulDr. Ihwan Mahmudi, S.H.I., M.Pd.
Anggota 1 Siti Anne Barkah Nur Fauziah, M.Pd.
Anggota 2
Tahun Penelitian2022
Sumber DanaUNIDA GONTOR
Dana Non DiktiIDR 25.000.000,00