Penelitian Stimulus Dosen

JudulAnalisis Religiusitas dan Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik (Sudi pada Mahasiswi Universitas Darussalam Gontor)
Nama HibahHibah Internal Penelitian
Nama ProgramPenelitian Kompetitif
Nama SkemaPenelitian Stimulus Dosen
AbstrakIndonesia sebagai negara dengan jumlah muslim terbanyak di dunia, berpotensi besar menjadi produsen produk halal di Asia karena adanya permintaan akan kebutuhan produk-produk halal yang meningkat. Keadaan ini lahir dari urgensi religiusitas seorang muslim yang meyakini dan mentaati aturan halal-haram yang telah ditetapkan syariat. Halal dan thayyib tidak hanya berlaku bagi produksi-produksi pangan namun sama berlaku juga bagi produksi-produksi non-pangan seperti kosmetik. Industry kosmetika di Indonesia berkembang tak kalah pesat dibandingkan produk makanan. Demikian dari banyaknya produk yang beredar di pasar masyarakat, maka seseorang akan memenuhi kebutuhannya dengan memilih produk yang memberikan kepuasan tertinggi. Salah satu upaya memilih produknya dengan mencari informasi yang tertera pada kemasan produk, karena pada kemasan tersebut konsumen dapat memperoleh jawaban apakah produk yang akan dibelinya sesuai dan memenuhi kebutuhannya. Sementara itu, konsumen muslim yang memegang teguh komitmen agamanya, tentu akan mengutamakan aspek kehalalan dan keharaman suatu produk. Tindakan ini mencerminkan bahwa komitmen beragama mempengaruhi orientasi konsumen mengenai pola konsumsi serta perilaku sosialnya. Yang berarti bahwa Religiusitas merupakan faktor utama yang memegang peranan penting dalam kehidupan seseorang, begitu juga dalam hal memutuskan pembelian suatu produk kosmetik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh langsung religiusitas terhadap keputusan pembelian kosmetik dan pengaruh langsung label halal terhadap keputusan pembelian kosmetik pada Mahasiswi Pondok Modern Gontor Putri. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan model kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswi UNIDA Putri yang menggunakan kosmetik Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, dengan jumlah sampel terpilih sejumlah 120 mahasiswi. Data yang digunakan adalah data primer yang dikumpulkan melalui survey kuesioner secara langsung. Data yang dikumpulkan melalui kuesioner ini kemudian dianalisis dengan menggunakan metode Partial Least Square-Structural Equation Model (PLS-SEM) dengan menggunakan software smartPLS 3.0 yang diarahkan untuk menjawab hipotesis. Luaran yang ditargetkan dalam penelitian ini adalah terbitnya hasil penelitian dalam bentuk karya ilmiah yang dipublikasikan dalam jurnal ter akreditasi (sinta 4-6) dan prosiding seminar nasional.
Pengusul Zulfatus Sa'diah, S.H.I., M.E.
Anggota 1 May Shinta Retnowati, S.H., M.E.
Anggota 2 Aqif Khilmia, S.E., M.Pd.
Tahun Penelitian2022
Sumber DanaUNIDA GONTOR
Dana Non DiktiIDR 3.000.000,00