Penelitian Stimulus Dosen

JudulStrategi Branding LAZISWAF UNIDA Gontor dalam optimalisasi Digital Fundraising
Nama HibahHibah Internal Penelitian
Nama ProgramPenelitian Kompetitif
Nama SkemaPenelitian Stimulus Dosen
AbstrakPotensi sedekah di Indonesia sangat besar, namun potensi tersebut belum tergarap secara maksimal. Salah satu tantangannya adalah bagaimana lembaga zakat menciptakan strategi inovatif dalam menghimpun zakat, infaq sodaqoh dan wakaf sesuai dengan era milenial saat ini, Lembaga Amil Zakat infaq sodaqoh dan wakaf adalah penghimpun, pengelola dan penyalur dana zakat yang dibentuk atasprakarsa masyarakat atau lembaga swasta yang bergerak di bidang dakwah, pendidikan, sosial dan kemaslahatan umat Islam serta mendapat pengukuhan dari pemerintah. Lembaga Amil Zakat yang ada di Ponorogo yang mengembangkan digital fundraising yaitu Lazizwaf Gontor. Hal tersebut menarik untuk diteliti bagaimana strategi branding dalam optimalisasi digital fundaraising oleh lembaga amil zakat tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder. Data dalam penelitian ini diambil dari informan yang berjumlah empat orang. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari wawancara, observasi, dokumentasi dan di dukung oleh literatur berupa buku, jurnal, artikel dan data yang berhubungan dengan masalah ini. Hasil temuan penelitian diharapkan dapat menjadi pengembangan keilmuan stategi branding dalam digital fundraising, sekaligus sebagai sumbangan pemikiran pengembangan digital branding lembaga amil zakat infaq sodaqoh dan wakaf. Luaran yang ditargetkan dari penelitian ini berupa publikasi dalam jurnal nasional Sinta 2 (Jurnal Dakwah dan Komunikasi). TKT penelitian yang diusulkan berada pada TKT 2 berupa penelitian sosial humaniora dengan fokus pada formulasi teori dan aplikasi dari teori digital branding. Kata kunci: Strategi Branding, Laziswaf dan Digital Fundraising
Pengusul Veri Setiawan, S.Pd., M.I.Kom.
Anggota 1 Veri Setiawan, S.Pd., M.I.Kom.
Anggota 2 Aditya Fahmi Nurwahid, S.I.Kom., M.A.
Tahun Penelitian2022
Sumber DanaUNIDA GONTOR
Dana Non DiktiIDR 3.000.000,00