Penelitian Stimulus Dosen

JudulARABIC FUSHA: Media Pembelajaran Blanded Learning pada Materi Durusul Lughah al-Arabiyah bagi Mahasiswa Kelas Matrikulasi UNIDA Gontor
Nama HibahHibah Internal Penelitian
Nama ProgramPenelitian Kompetitif
Nama SkemaPenelitian Stimulus Dosen
AbstrakKelas matrikulasi merupakan kelas yang diambil oleh mahasiswa yang belum lulus dalam ujian bahasa Arab pada awal pendaftaran mahasiswa baru. Program ini dilaksanakan dalam kurun waktu 1 tahun. Mahasiswa dibekali dengan pelatihan dan materi bahasa Arab. Materi yang dipelajari meliputi materi keterampilan bahasa Arab dan qowaid. Salah satu materi yang dipelajari mahasiswa di kelas matrikulasi adalah materi Bahasa Arab dengan menggunakan buku “Durusul Lughah Al-Arabiyah”. Pada dasarnya, mahasiswa kelas materikulasi memiiki latar belakang pendidikan mahasiswa yang heterogen. Sebagian dari mahasiwa matrikulasi berlatarbelakang MA, SMA, dan SMK. Keadaan ini menyebabkan perbedaan tingkat penguasaan bahasa Arab yang bermacam-macam. Penguasaan bahasa Arab pada level mubtadi’ mencapai 75% dan mendominasi kelas matrikulasi. Pengajaran bahasa arab dengan kedaan demikian membutuhkan inovasi baru supaya pembelajaran lebih menyenangkan dan mahasiswa dapat menerima materi lebih mudah. Problematika juga muncul dikala dosen pengampu berhalangan hadir secara tatap muka. Beberapa dosen memberikan tugas tersruktur dan bahkan ada yang meninggalkan kelas tanpa tugas. Dari problematika di atas, meununjukkan bahwa pembelajaran Durusul Lughah al-Arabiyah membutuhkan solusi trategis. Maka peneliti menghadirkan media pembelajaran blanded learning “ARABIC FUSHA” untuk dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab secara tatap muka atau luring maupun daring. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan solusi terhadap pembelajaran bahasa Arab di kelas Matrikulasi UNIDA Gontor berupa media pembelajaran interaktif “ARABIC FUSHA”.Penelitian ini menggunakan metode Research and Development tahap awal, di mana proses di dalamnya berhenti pada validasi desain produk. Alur penelitian ini meliputi identifikadi potensi masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, dan perbaikan desain. Data penelitian ini didapatkan dengan cara observasi, wawancara, angket, dan telaah literatur. Hasil dari penelitian ini adalah media pembelajaran interaktif “ARABIC FUSHA” untuk materi bahasa Arab di kelas Matrikulasi UNDIA Gontor. Luaran yang dihasilkan dari penelitian ini adalah jurnal nasional terakreditasi dan prosiding konferensi nasional, sedangkan TKT penelitian yang diusulkan adalah TKT tingkat 3. Kata Kunci: ARABIC FUSHA, Media Pembelajaran, Bahasa Arab, Blended Learning
Pengusul Hani'atul Mabruroh, S.Pd., M.Pd.
Anggota 1 Hani'atul Mabruroh, S.Pd., M.Pd.
Anggota 2 Rizki Amalia, M.Pd.
Tahun Penelitian2022
Sumber DanaUNIDA GONTOR
Dana Non DiktiIDR 0,00