Penelitian Kolaboratif Internasional

JudulArabic Language Teaching For Mubtadi'in In Indonesia and Malaysia (Case Study at Unida Gontor and UIS Malaysia)
Nama HibahHibah Internal Penelitian
Nama ProgramPenelitian Kompetitif
Nama SkemaPenelitian Kolaboratif Internasional
AbstrakBahasa arab sebgai bahasa asing di Indonesia dan di Qatar dimasukkan dalam kurikulum pendidikan dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi. Di beberapa lembaga, kurikulum bahasa arab lebih berfokus kepada memahami teks Al-Qur’an, Hadis, dan Literatur-literatur berbahasa. Dalam kurikulum pembelajaran bahasa arab terdapat niai nilai estetika sosiologis dan nilai esetika sastra. Yang dimaksud estetika sosiologis adalah kurikulum ini mempunyai hubungan antara pandangan dunia dengan semesta, tokoh-tokoh, dan objek-objek yang diciptakan oleh pengarang dalam kurikulum. Adapun yang dimaksud estetika sastra adalah bahwa kurikulum ini mempunyai hubungan dengan peralatan formal sastra, seperti gaya, imaji-imaji, sintksis, dan sebagainya. Karena mengandung dua kriteria estetika tersebut, maka kurikulum pembelajaran bahasa arab dapat ditelaah dengan pendekatan strukturalisme-genetik. Strukturalisme genetik ditemukan oleh Lucien Goldmann, seorang filsuf dan sosiolog Rumania-Perancis. Strukturalisme genetik tidak hanya membahas sisi intrinsiknya tapi juga unsur unsur ekstrinsiknya, termasuk latar belakang sejarah didalamnya. Oleh karena ini, dalam mendesain pembelajaran bahasa arab perlu adanya banyak faktor selain faktor akademik, termasuk faktor sosial, pandangan dunia perguruan tinggi tersebut, latar belakang sosial dan sejarah Analisis strukturalisme genetik pembelajaran bahasa arab di Indonesia dan Qatar bertujuan untuk mengetahui karakteristik pembelajaran bahasa arab di Indonesia dan Qatar, menganalisis serta menemukan pandangan dunia (worldview) dalam menyusun/ mendesain pembelajaran bahasa arab di perguruan tinggi di Indonesia dan Qatar, menganalisis realita sosial masyarakat yang mempengaruhi pembelajaran bahasa arab di Indonesia dan Qatar, dan untuk menganalisis latar belakang dan sejarah dalam mendesain pembelajaran bahasa arab di Indonesia dan Qatar. Tahapan dan Metode analisis strukturalisme genetik pembelajaran bahasa arab di Indonesia dan Qatar didahuli dengan pencarian literatur dan data terkait pembelajaran bahasa arab di Indonesia dan Qatar. Pencarian data terkait pembelajaran bahasa arab di Indonesia melalui anggota Ittihad Mudarrisi Al-luhgah Al-Arabiyah (IMLA). Untuk data terkait pembelajaran bahasa arab di Qatar melalui salah satu dosen di Qatar University. Tahapan Pengambilan data tidak hanya terkait desain pembelajaran bahasa arab di kedua negara tersebut tetapi juga menganalisis unsur intrinsik dan ekstrinsik dari pembelajaran bahasa arab tersebut, temasuk sisi latar belakang sosial dan budaya serta sejarah masyarakatnya. Hal yang diharapkan dari penelitian ini berupa analisis strukturalisme pembelajaran bahasa arab di Indonesia dan Qatar yang dapat berguna untuk pengembangan desain pembelajaran bahasa arab di Indonesia maupun Qatar. Luaran wajib dari penelitian ini adalah publikasi jurnal di Language and Education Volume 37, Issue 2 (2023) dan Publikasi Prosiding intenasional di International Conference on Language, Innovation, Culture, and Education (ICLICE) Kuala Lumpur Malaysia. TKT yang akan dicapai adalah TKT level 1 .
Pengusul Fitra Awalia Rahmawati, M.PD.
Anggota 1 Umi Mahmudah, M.Pd.
Anggota 2 Mandrasi Amira Sa'idah, M.Pd.
Tahun Penelitian2022
Sumber DanaUNIDA GONTOR
Dana Non DiktiIDR 24.315.000,00